Sosialisasi Model Pembelajaran Reading Berbasis Question Generation pada Guru Bahasa Inggris SMA/SMK/MA di Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat

Lalu Thohir, Muhammad Isnaini, Lalu Jaswadi Putera

Abstract


Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dan menyiapkan para peserta didik untuk mampu menghadapi tantangan zaman. Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh guru bahasa Inggris untuk kebutuhan tersebut adalah melalui kegiatan membaca yang dapat melatih kemampuan berfikir kritis, kreatif dan aktif. Question Generation merupakan kegiatan belajar dimana peserta didik dilatih untuk mengajukan atau membuat pertanyaan terhadap apa yang mereka sudah baca yang terdiri dari pertanyaan literal, inferential dan evaluative. Kegiatan Pengadian Pada Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk mensosialisasikan model pembelajaran membaca berbasis Question Generation yang dengannya para guru bhs Inggris dapat melatih para peserta didik mereka untuk aktif, kreatif dan berfikir kritis dalam kegiatan membaca. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Gunung Sari dan melibatkan 20 orang guru bahasa Inggris SMA, SMK dan MA di wilayah kecamatan Gunung Sari. Hasil kegiatan PPM yang meliputi penyampaian materi, diskusi, latihan dan evaluasi menunjukkan bahwa para peserta terlihat antusius dan aktif dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang ada, tekun memperhatikan dan menyimak materi yang disampaikan oleh tim, aktif berdiskusi atau tanya jawab terkait materi sosialisasi dan masalah pembelajaran bahasa Inggris dan juga praktik dalam membuat pertanyaan untuk teks yang mereka baca. Selain itu, hasil isian angket evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa para peserta menyambut baik kegiatan ini karana dapat menambah pengetahuan dan wawasan mereka, sehingga mereka berharap jika ada kegiatan serupa pada masa yang akan datang dengan melibatkan lebih banyak guru dan materi yang lebih fokus pada teacher needs dan problem solving.

Full Text:

PDF

References


Chin, Christine. 2002. Student-Generated Questions: Encouraging Inquisitive Minds in Learning Science. Teaching and Learning, 23 (1), 59-67.

Depdikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Humphries, J. & Ness, M. 2015. Beyond Who, What, Where, When, Why, and How: Preparing Students to Generate Questions in the Age of Common Core Standards. Journal of Research in Childhood Education, 29: 551–564

Kemendikbud. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. 2018. Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan

White, R.T., & Gunstone, R.F. 1992. Probing Understanding. London: Falmer Press.




DOI: https://doi.org/10.29303/jgn.v3i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Gema Ngabdi

P-ISSN: 2656-6516, E-ISSN: 2656-8098

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

UNIVERSITAS MATARAM